HYDRO GALAKAN PROGRAM KESADARAN PENTINGNYA AIR BERSIH SEJAK DINIMasih banyaknya wilayah dan sumber air dalam kondisi yang memprihatinkan, seperti halnya sumber air yang dan sungai-sungai disekitar lingkungan masyarakat yang tercemar oleh limbah domestik dan limbah industri yang pembuangannya tidak memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya air bersih untuk kehidupan menjadi salah satu faktor penyebabnya. Pengetahuan akan air bersih dan sehat juga masih terbatas. Oleh sebab itu, pengetahuan akan air bersih dan sehat serta manfaatnya bagi sumber kehidupan sangatlah penting ditanamkan sejak dini.

Dalam upaya pendidikan dini untuk kesadaran akan air bersih untuk kehidupan, HYDRO Foundation mengadakan acara menggambar dan mengarang di sekolah SD yang bertemakan “Pentingnya Air Bersih bagi Kehidupan”.

Managing Director PT HYDRO water technology, Teguh Wibawanto kepada 108CSR.com, Senin (1/10/2012) mengatakan acara yang digelar merupakan bentuk kepedulian HYDRO terhadap pendidikan khususnya kreativitas anak.


Pemenang Lomba Mengarang dan Menggambar Bersama HYDRO

Teguh menjelaskan acara ini bertujuan memberikan kesempatan bagi anak-anak di kota tersebut untuk mendapatkan sebuah pengalaman baru, karena para peserta dikenalkan kepada teknik penyaringan air yang dikembangkan oleh HYDRO.

“Program ini dinamakan Dokter Cilik yang pada tanggal 11-13 September 2012 kemarin acara ini berkesempatan dilaksanakan di SD RSBI Percontohan Rawamangun (Labschool), Jakarta Timur. Acara ini diikuti oleh 360 siswa gabungan dari kelas 4-6 dari SD RSBI Percontohan Rawamangun,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba mengarang dan menggambar bersama HYDRO, Rifaatul Mahmudah menjelaskan pihaknya cukup bangga dengan antusiasme dari anak-anak SD RSBI Percontohan Rawamangun (Labschool) yang turut berpartisipasi dalam kegiatan lomba ini. Hal ini menunjukan keinginan yang sama dari seluruh anak-anak Indonesia untuk bisa menunjukan kreativitasnya.

“Anak-anak sangat antusias melihat proses penyaringan,” ujarnya, seperti yang disampaikan oleh Bapak Ismed selaku guru kelas 4 SD RSBI Percontohan Rawamangun, lanjut Rifaatul, hal ini dikarenakan peralatan yang ada di sekolah tidak selengkap yang dibawaoleh Tim HYDRO, Pada puncak acara, diperoleh tiga pemenang yaitu Siti Nadira R dari Kelas 6, Clarisa Rasyida Vdari Kelas 4B/A, dan Raysha F Azmi dari Kelas 5A/A.

Walaupun pengetahuan akan air bersih sudah menjadi salah satu bahan materi pelajaran di SDN RSBI Percontohan Rawamangun, namun menurut Bapak Ismet selaku guru mata pelajaran PLBJ (Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta) di sekolah tersebut mengatakan bahwa “Pengetahuan akan air bersih dan sehat juga masih terbatas dan sebaiknya digalakkan sejak dini yaitu pada anak Sekolah Tingkat Dasar,” ujarya.

Rifaatul Mahmudah juga berharap lomba ini dapat berperan serta dalam mencerdaskan anak bangsa dan ikut serta dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas yang sadar dan peduli akan air bersih bagi kehidupan. Banyaknya tanggapan positifdari program Dokter Cilik ini, kemungkinan program ini akan dijadikan program rutin bulanan oleh HYDRO.

Sumber Press Release: http://www.108csr.com/home/berita_foto.php?id=1657